Minggu, 16 Oktober 2011

FUNGSI-FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD KOMPUTER

FUNGSI-FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD
• CTRL + C (Copy)
• CTRL + X (Cut)
• CTRL + V (Tempel)
• CTRL + Z (Undo)
• DELETE (Hapus)
• SHIFT + DELETE (Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item dalam Recycle Bin)
• CTRL sambil menyeret item (Menyalin item yang dipilih)
• CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Buat shortcut untuk item yang dipilih)
• F2 (Ubah nama item yang dipilih)
• CTRL + PANAH KANAN (Memindahkan titik penyisipan ke bagian awal kata berikutnya)
• CTRL + PANAH KIRI (Memindahkan titik penyisipan ke bagian awal kata sebelumnya)
• CTRL + PANAH KE BAWAH (Memindahkan titik penyisipan ke bagian awal paragraf berikutnya)
• CTRL + UP ARROW (Memindahkan titik penyisipan ke bagian awal paragraf sebelumnya)
• CTRL + SHIFT dengan salah satu tombol panah (Sorot blok teks)
• SHIFT dengan salah satu tombol panah (Pilih lebih dari satu item dalam jendela atau desktop, atau pilih teks dalam dokumen)
• CTRL + A (Pilih semua)
• Tombol F3 (Mencari file atau folder)
• ALT + ENTER (Lihat properti untuk item yang dipilih)
• ALT + F4 (Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif)
• ALT + SPACEBAR (Buka menu shortcut untuk jendela aktif)
• CTRL + F4 (Menutup dokumen yang aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan)
• ALT + TAB (Switch antara item yang terbuka)
• ALT + ESC (Cycle melalui item dalam urutan bahwa mereka telah dibuka)
• tombol F6 (Cycle melalui elemen layar dalam jendela atau pada desktop)
• tombol F4 kunci (Tampilkan daftar Alamat bar di My Computer atau Windows Explorer)
• SHIFT + F10 (Menampilkan menu shortcut untuk item yang dipilih)
• ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu Sistem untuk jendela aktif)
• CTRL + ESC (Menampilkan menu Start)
• ALT + Underlined huruf dalam nama menu (Menampilkan menu yang sesuai)
• Underlined huruf di nama perintah pada menu yang terbuka (Lakukan perintah yang sesuai)
• tombol F 10 (Mengaktifkan menu bar dalam program aktif)
• PANAH KANAN (Membuka menu berikutnya ke kanan, atau membuka submenu)
• PANAH KIRI (Membuka menu berikutnya ke kiri, atau menutup submenu)
• tombol FS (Update jendela aktif)
• BACKSPACE (View folder satu tingkat di My Computer atau Windows Explorer)
• ESC (Membatalkan tugas saat ini)
• SHIFT ketika Anda memasukkan CD-ROM ke dalam drive CD-ROM (Mencegah CD-ROM secara otomatis bermain)
• Keyboard Shortcuts Kotak Dialog
• CTRL + TAB (Bergerak maju melalui tab)
• CTRL + SHIFT + TAB (Bergerak mundur melalui tab)
• TAB (Bergerak maju melalui pilihan)
• SHIFT + TAB (Bergerak rnundur melalui pilihan)
• ALT + Underlined letter (Lakukan perintah yang sesuai atau pilih opsi yang sesuai)
• ENTER (Lakukan perintah untuk opsi atau tombol aktif)
• SPACEBAR (Pilih atau kosongkan kotak centang jika opsi aktif adalah kotak cek)
• Tombol panah (Memilih tombol apabila opsi aktif adalah sekelompok tombol pilihan)
• tombol F 1 (Bantuan Display)
• F4 kunci (Tampilkan item dalam daftar aktif)
• BACKSPACE (Buka folder satu tingkat ke atas jika folder dipilih di Save As atau kotak dialog Open)
• Microsoft Natural Keyboard Shortcuts
• Logo Windows (Menampilkan atau menyembunyikan menu Start)
• Logo Windows + BREAK (Menampilkan kotak dialog Properti Sistem)
• Logo Windows + D (Menampilkan desktop)
• Logo Windows + M (Meminimalkan semua jendela)
• Windows Logo + SHIFT + M (Memulihkan jendela diminimalkan)
• Logo Windows + E (Open My Computer)
• Logo Windows + F (Mencari file atau folder)
• CTRL + Logo Windows + F (Mencari komputer)
• Logo Windows + F1 (Menampilkan Bantuan Windows)
• Logo Windows + L (Mengunci keyboard)
• Logo Windows + R (Membuka kotak dialog Run)
• Logo Windows + U (Membuka Pengelola Utilitas)
• Aksesibilitas Keyboard Shortcuts
• Hak SHIFT selama delapan detik (Switch FilterKeys on atau off)
• ALT Kiri + SHIFT kiri + PRINT SCREEN (Switch Kontras Tinggi on atau off)
• ALT Kiri + SHIFT kiri + NUM LOCK (Switch MouseKeys on atau off)
• SHIFT lima kali (Switch StickyKeys on atau off)
• NUM LOCK selama lima detik (Mengaktifkan ToggleKeys on atau off)
• Logo Windows + U (Membuka Pengelola Utilitas)
• Windows Explorer Keyboard Shortcuts
• END (Menampilkan bagian bawah jendela aktif)
• HOME (Menampilkan bagian atas jendela aktif)
• NUM LOCK + Asterisk tanda (Tampilkan semua subfolder yang berada Di bawah folder yang dipilih)
• NUM LOCK + Plus (+) (Menampilkan isi dari folder yang dipilih)
• NUM LOCK + tanda Minus (-) (Tutup folder yang dipilih)
• PANAH KIRI (Tutup pilihan saat ini jika diperluas, atau pilih folder induk)
• PANAH KANAN (Menampilkan pilihan saat ini jika runtuh, atau pilih subfolder pertama)
• Tombol Shortcut untuk Peta Karakter
• Setelah Anda klik dua kali karakter pada grid karakter, Anda dapat memindahkan melalui grid dengan menggunakan cara pintas keyboard:
• PANAH KANAN (Bergerak ke kanan atau ke awal baris berikutnya)
• PANAH KIRI (Pindah ke kiri atau ke akhir baris sebelumnya)
• UP ARROW (Pindah ke atas satu baris)
• PANAH BAWAH (Bergerak ke bawah satu baris)
• PAGE LT (Pindah ke atas satu layar pada satu waktu)
• PAGE DOWN (Bergerak ke bawah satu layar pada satu waktu)
• HOME (Pindah ke awal baris)
• END (Pindah ke akhir baris)
• CTRL + HOME (Bergerak ke karakter pertama)
• CTRL + END (Pindah ke karakter terakhir)
• SPACEBAR (Switch antara mode membesar dan Normal saat sebuah karakter dipilih) Microsoft Management Console (MMC) Keyboard Shortcuts Jendela Utama
• CTRL + O (Membuka konsol yang disimpan)
• CTRL + N (Membuka konsol baru)
• CTRL + S (Menyimpan konsol terbuka)
• CTRL + M (Menambah atau menghapus item konsol)
• CTRL + W (Membuka jendela baru)
• tombol FS (Update konten semua jendela konsol)
• ALT + SPACEBAR (Menampilkan menu jendela MMC)
• ALT + F4 (Menutup konsol)
• ALT + A (Menampilkan menu Tindakan)
• ALT + V (Menampilkan menu Tampilan)
• ALT + F (Menampilkan menu File)
• ALT + O (Menampilkan menu Favorit) Jendela MMC Shortcut Keyboard Konsol
• CTRL + P (Mencetak halaman saat ini atau panel aktif
• ALT + Minus tanda (-) (Menampilkan menu jendela untuk jendela konsol yang aktif)
• SHIFT + F10 (Menampilkan menu Tindakan shortcut untuk item yang dipilih)
• tombol F1 (Membuka topik Bantuan, jika ada, untuk item yang dipilih)
• tombol FS (Update konten semua jendela konsol)
• CTRL + F10 (Memaksimalkan jendela konsol yang aktif)
• CTRL + FS (Memulihkan jendela konsol yang aktif)
• ALT + ENTER (Menampilkan kotak dialog Properties, jika ada, untuk item yang dipilih)

document on Scribd : Makalah KKPI: Sejarah Komputer Generasi Pertama

Makalah KKPI : Sejarah Komputer Generasi Pertama

A. SEJARAH KOMPUTER
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic).
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna general-purposecomputer ), ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2. KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3. KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5. KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

B. KOMPONEN CPU DAN FUNGSINYA
No. Nama Bagian CPU Fungsinya
1. Motherboard/mainboard Rangkaian utama atau rangkaian induk yang merupakan media atau tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan seperti: processor, memmory, interface card dan I/O lainnya.
2. Power Supply Menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer yang terdapat didalam komputer
3. Processor Mengolah semua informasi yang dimasukan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai kehendak pemakai
4. Sound Card Mengolah suara pada komputer
5. Harddiks Menyimpan data dalam kapasitas besar
6. Cashing Melindungi hardware dan komponen yang ada didalamnya
7. RAM (Random Access Memmory) Menampung data yang telah diproses processor sebelum dialirkan ke bagian yang membutuhkan
8. VGA Mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor
9. Opticval Disk drive Fungsi utama untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD
9. CD ROM Untuk membaca, mengcopy dan menulis data dari dan kedalaman CD/DVD

C. KOMPONEN HARDWARE DAN FUNGSINYA
No. Nama Komponen Hardware Fungsinya
1. Keyboard Untuk mengetik, atau menulis sesuatu yang kita inginkan
2. Mouse Menggerakan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor
3. Scanner Mengkonversi gambar manual menjadi data digital untuk diolah dalam komputer
4. Joystick Menggerakan pointer, yang mendukung program permainan (game) pada komputer
5. Modem Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dalam jaringan internet
6. Monitor Menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks grafik
7. Printer Mencetak informasi atau hasil kerja komputer
8. Speaker Mengeluarkan suara yang ada pada komputer
9. Headphone Alat input/output suara pada komputer yang diletakan di kepala





document on Scribd : Makalah KKPI: Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sabtu, 01 Oktober 2011

Laporan On The Job Learning (OJL) Pengawas Sekolah

BAB I
PENDAULUAN

A.    Rasional
Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Indonesia diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Pada Bab IX pasal 35 ayat 1 dijelaskan bahwa: “standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.” Kedelapan standar ini mutlak harus ada dan dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu, perlu tenaga profesional yang mampu mengelola pendidikan dengan baik sehingga kualitas pendidikan pun akan meningkat pula. Salah satu tenaga profesional yang diharapkan adalah tenaga pendidik dan kependidikan.
Guru sebagai tenaga pendidik merupakan ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan, karena guru adalah orang yang berada di garis paling depan memberikan pelayanan pendidikan langsung dengan objeknya. Oleh sebab itu guru dituntut professional dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksinya. Hal ini sejalan dengan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pada Bab I pasal 1 dijelaskan bahwa : “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.” Keprofesionalan guru akan tercapai apabila guru sendiri ecara terus-menerus berinovatif untuk menggali dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam proses pembelajaran.
Tentunya untuk mencapai tujuan yang diharapkan, guru tidak dapat berjalan sendiri. Di sini, perlu kehadiran seorang Kepala Sekolah yang dapat  memotivasi dan memfasilitasi guru dalam melaksanakan tugasnya. Agar tugas yang dilaksanakan tidak menyimpang dari perencanaan dan komitmen semula perlu adanya pengawasan melalui kegiatan supervisi. Supervisi ini dapat dilakukan melalui kegiatan pembinaan, pemantauan, atau melalui penilaian terhadap guru dan Kepala Sekolah. Yang mempunyai tugas pokok melakukan supervisi adalah Pengawas Sekolah. Baik itu supervisi manajerial maupun supervisi akademis. Oleh sebab itu, Pengawas Sekolah perlu memiliki kemampuan dalam malaksanakan supervisi.
Untuk meningkatkan kemampuan Pengawas Sekolah dalam supervisi akademis, pemerintah melalui P4TK dan LPMP Jawa Barat telah melaksanakan program peningkatan mutu Pengawas Sekolah sebagai bekal dalam melaksanakan tugas kepengawasannya. Hasil yang diperoleh dari in-service, kemudian disosialisasikan melalui kegiatan on the job learning di sekolah wilayah binaan masing-masing. Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan on the job learning dengan pendampingan para pendamping. Laporan tersebut kemudian dipresentasikan pada kegiatan in-service tahap kedua.

B.    Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan on the job learning adalah sebagai berikut :
1.    Tersosialisasikannya Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di sekolah wilayah binaan;
2.    Tersosialisasikannya pembelajaran model PAIKEM di sekolah wilayah binaan;
3.    Tersosialisasikannya PTK di sekolah wilayah binaan;
4.    Tersosialisasikannya teknik-teknik supervisi akademik di sekolah wilayah binaan;
5.    Tersosialisasikannya penilaian kinerja kepala sekolah.

C.    Ruang Lingkup Rencana Kepangawasan Akademik (Action Plan)
Ruang lingkup rencana kepengawasan akademik dalam pelaksanaan kegiatan on the job learning adalah sebagai berikut :
1.    Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Pasca disosialisasikannya EDS diharapkan sekolah memahami dan memiliki pengetahuan tentang EDS. Kemudian muncullah keinginan sekolah untuk melaksanakan EDS. Setelah diketahui betapa besar manfaat yang dirasakan oleh sekolah, maka dengan kontinue sekolah akan melaksanakan EDS setiap tahun. Sekolah meyakini bahwa dengan instrumen EDS dapat menganalisis keunggulan, peluang, kelemahan, dan ancaman terhadapa pelaksanaan 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Sehingga sekolah mempunyai acuan yang dapat dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).


2.    Pembelajaran Model PAIKEM
Penguatan bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ke arah yang lebih aktif, inovatif, kreatif, dan efektif dalam menciptakan skenario pembelajaran sehingga guru senang mengajar dan siswa senang belajar.

3.    Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Munculnya kreatifitas guru dalam menuangkan gagasan untuk pemecahan masalah nyata yang ditemuinya selama proses pembelajaran. Hal ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain yang membaca hasil karyanya.

4.    Teknik-teknik Supervisi Akademik
Pasca tersosialisasikannya teknik-teknik supervisi diharapkan kualitas supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah akan lebih meningkat. Supervisi dapat dilaksanakan melaui kegiatan pembinaan, penilaian, dan pemantauan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang dilaksanakan guru. Sehingga dengan meningkatnya kualitas supervisi akan berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan.

5.    Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Setelah mendapatkan penjelasan tentang penilaian kinerja kepala sekolah, kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat mengetahui kompetensi dan indikator yang akan dinilai berkaitan dengan kinerjanya. ...